Minggu, 16 Juni 2013

INDIKATOR PRESTASI BELAJAR SISWA



INDIKATOR PRESTASI BELAJAR
Ranah/ Jenis Prestasi
Indikator
Cara Evaluasi
A.   Ranah Cipta (Kognitif)


1.      Pengamatan
1.        Dapat menunjukkan
2.        Dapat membandingkan
3.        Dapat menghubungkan
Tes lisan, tertulis, dan observasi
2.      Ingatan
1.      Dapat menyebutkan
2.      Dapat menunjukkan kembali
Tes lisan, tertulis, dan observasi
3.      Pemahaman
1.     Dapat menjelaskan
2.     Dapat mendefinisikan dengan lisan sendiri
Tes lisan, tertulis
4.      Penerapan
1.        Dapat memberikan contoh
2.        Dapat menggunakan secara tepat
Tes tertulis, Pemberian tugas, dan observasi
5.      Analisis dan pemeliharaan secara teliti
1.      Dapat menguraikan
2.      Dapat mengklasifikasikan/memilah-milah
Tes tertulis dan pemberian tugas
6.      Sintesis
1.      Dapat menghubungkan
2.      Dapat menyimpulkan
3.      Dapat mengeneralisasikan
Tes tertulis dan pemberian tugas
B.     Ranah Rasa (Afektif)


1.      Penerimaan
1.      Menunjukkan sikap menerima
2.      Menunjukkan sikap menolak
Tes tertulis, skala sikap, dan observasi
2.      Sambutan
1.      Kesediaan berpartisipasi/terlibat
2.      Kesediaan memanfaatkan
Tes skala sikap, pemberian tugas, dan observasi
3.      Apresiasi
1.        Menganggap penting dan bermanfaat
2.        Mengnggap indah dan harmonis
3.        Mengagumi
Tes kala sikap, pemberian tugas, dan observasi
4.      Internalisasi (Pendalaman)
1.        Mengakui dan meyakini
2.        Mengingkari
Tes skala sikap, pemberian tugas ekspresi, dan observasi
5.      Karakterisasi
1.         Melembagakan atau maniadakan
2.         Menjelmakan dalam pribadi dan perilaku sehari-hari
Pemberian tugas, ekpresi proyektif, dan observasi
C.     Ranah Karsa (Psikomotor)


1.      Keterampilan bargerak dan bertindak
1.      Mengkoordinasikan gerak mata, tangan, kaki dan anggota tubuh lainnya
Observasi dan tes tindakan
2.      Kecakapan ekspresi varbal dan nonverbal
1.         Mengucapkan
2.         Membuat mimik dan gerakan jasmani
Tes lisan, observasi, dan tes tindakan






1 komentar: